Desember 31, 2015

Cara Menghadapi Keluarga Broken Home

BY R. IRINNE DEVITA ARIANY IN , , 1 comment



Sebenernya gua gak mau nulis 'keluarga broken home', karena sebuah 'keluarga' gak ada yang broken. Kalau udah broken ya berarti itu bukan 'keluarga' namanya (coba lihat tulisan gua tentang family). Gua pakai judul ini supaya bisa tepat sasaran ke anak-anak yang mungkin butuh semacam pencerahan. 
Langsung aja guys, ini tips nya.

1.       Sabar dan ikhlas
Sabar adalah kunci lo bisa bertahan. Ikhlas adalah gantungan kunci yang bisa lo pake supaya gak kehilangan kunci (sabar) lo itu.
Jadi gini, kalau orang tua lo sering bertengkar ataupun (maaf) sudah berpisah, lo tetep harus sabar karena hidup lo gak berenti disitu. Dan lo harus ikhlas karena lo harus ngelanjutin sisa hidup lo itu.
2.       Ibadah
Ini yang penting. Jangan sampai lo lupa sama Tuhan lo. Oke mungkin lo bukan tipe orang yang alim, maka lo boleh sekedar berdoa biar masalah lo bisa diringankan. Dan kalaupun lo bisa taubat, itu jadi nilai plus buat lo. So, keadaan ini bisa dijadikan hidayah buat lo.
3.       Jangan stres
Oh God gua paham banget gimana stresnya lo saat harus ngadepin ini. Apalagi di saat lo banyak kerjaan atau tugas dari tempat kerja/kuliah/sekolah. Biar lo ga makin stres, mending cari tempat-tempat yang tenang buat ngerjain kerjaan lo itu, selain itu lo juga bisa nenangin pikiran selagi di tempat itu.
4.       Jangan melampiaskan emosi dan stres di sembarang tempat
Ini nih yang jadi momok menakutkan anak yang gak merasakan adanya keluarga. Ada yang nyasar ke narkoba, seks bebas, ataupun hal-hal negatif lainnya. Kalau lo mau melampiaskan apa yang lo rasain di rumah, mending di tempat/media yang tepat.
Nulis
Kalau lo pengen maki-maki orang atau pengennya marah-marah, coba deh nulis atau bikin blog berisi curahan hati lo, siapa tau bisa dijadiin buku atau blog lo jadi beken dan lo bisa dapet saran/sharing dari pembaca blog lo.
Olahraga
Kalau lo pengen ngeluapin emosi lo, coba deh olahraga. Lari, tenis lapang, berenang, bola/futsal, basket bisa jadi salah satu alternatif olahraga yang bisa bikin emosi lo tersalurkan. Selain bisa puas ngelimpahin emosi lo pada sesuatu yang negatif, poin plus nya lo bisa makin sehat.
Ngelukis/ngedesain
Kalau lo pengen keluar dari mood lo yang kacau, coba buat ngelukis-lukis abstrak sesuai keadaan emosi lo. Lo bakal nemu warna-warna baru biar otak dan pikiran lo gak leabu lagi, selain itu bisa aja lukisan lo bernilai tinggi dan lo bisa jadi seniman kece.
Hangout with your friend
Ini dia jurus paling jitu. Nonton, karaokean, jalan-jalan atau ngelakuin hal asyik lainnya. Tapi satu kuncinya, lo harus main bersih. No drugs, no alcohol, no smoking, no free sex. Nikmatin aja setiap detik hidup lo tanpa harus ngerusak masa depan lo.
5.       Komunikasi
Dalam berbagai hal, komunikasi sangat dibutuhkan.
Pertama, komunikasi ke orang tua lo, baik itu yang bertengkar ataupun yang sudah berpisah. Ngobrol ke mereka apa yang perlu diomongin, omongin juga masalah ini dari sudut pandang lo, omongin juga perasaan dan keadaan lo saat itu. Mungkin dengan komunikasi ini bisa merubah keadaan jadi lebih baik.
Kedua, komunikasi ke adik atau kakak lo. Kalau lo punya adik lo harus nguatin dia dan bikin dia jangan stres, lindungin dia, suruh dia ikutin step-step ini juga. Kalau lo punya kakak, curhatin apapun yang lo rasain, minta juga nasihatnya siapa tau kakak lo bisa mengganti posisi orang tua lo buat sementara.
Ketiga, komunikasi ke saudara/sahabat/pacar/temen, pokoknya orang yang paling lo percaya. Ceritain masalah lo, karna dengan cerita seenggaknya beban lo akan sedikit berkurang. Siapa tau mereka juga bisa ngasih solusi.
6.       Jangan menyalahkan siapapun
Terakhir, jangan pernah nyalahin siapa pun. Baik itu diri lo, orang tua lo, apalagi Tuhan lo. Karna dengan nyalahin orang gak akan bikin semua keadaan akan lebih baik lagi. Yang lo butuhkan adalah percaya akan ada hal yang lebih baik dibalik ini dan lo harus jalanin hidup lo buat dapetin hal baik itu.
That all beberapa tips dari gua. Semoga membantu dan semoga kita semua bisa mempunyai sebuah 'keluarga'.

-Ren Solo

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

    BalasHapus