Juli 19, 2014

'Label Wajib' Fan Fiction

BY R. IRINNE DEVITA ARIANY IN , No comments

Halloo~ Gua akhirnya balik lagi nih buat ngebahas Fan Fiction. Nah di postingan sebelumnya gua udah ngasih pemanasan kan tentag Fan Fiction, sekarang gua mau share beberapa hal tentang Fan Fiction. Ohiya karena kita masih sama-sama belajar, kalau ada kesalahan atau kekurangan dalam penjjelasan gua ini harap dimaklumin ya hehe. Let's check it out!

Kita mulai dari pengertiannya, Fan Fiction merupakan sebuah karya berupa cerita fiktif yang dibuat oleh para penggemar berdasarkan kisah, karakter ataupun setting  yang sudah ada. Biasanya tokoh yang ada di dalam Fan Fiction merupakan tokoh nyata dalam kehidupan sehari-hari. Namun karakter tokohnya bisa merupakan karakter asli ataupun modifikasi dari si penulis, tergantung imajinasi kalian hehe. Selain itu, biasanya si penulis juga memasukkan dirinya sendiri dalam cerita tersebut. Terkadang nama dan karakternya juga dapat diubah sesuai imainasi si penulis. Selain tokoh, latar atau setting yang digunakan juga bisa berdasarkan keadaan yang sebenarnya atupun sudah dimodifikasi, lagi-lagi sesuai keinginan si penulis.

Setelah mengetahui pengertian dan gambaran mengenai Fan Fiction, yuk kita menyelam lebih dalam. Nah dalam sebuah Fan Fiction, selalu ada 'label wajib' yang dibuat untuk menjadi semacam spesifikasi dari Fan Fiction tersebut. Ini dia hal-hal yang menjadi 'label wajib' tersebut.
Tittle / Judul
Seperti yang kalian tau, udul adalah hal pertama yag akan dilihat pembaca (readers). Judul bisa menjadi first impression bagi FanFiction yang kita buat. Nah makanya judul harus dibuat semenarik mungkin dan dapat membuat readers penasaran dengan Fan Fiction kita. Sebaiknya judul mempunyai sinkronisasi yang jelas dengan cerita, karena kalau tidak readers akan kecewa dan cenderung malas untuk membaca Fan Fiction kita lagi. Selain itu, judul juga boleh menggunakan bahasa asing asalkan dapat dimengerti oleh masyarakat luas.
Author / Nama Penulis
Ini tentunya diisi oleh nama kalian (penulis). Boleh menggunakan nama pena, nama asli, nama panggilan, inisial atau apapun yang mencirikan identitas kalian.
Genre / Aliran
Aliran merupakan karakter dari isi cerita yang kita buat. Nah ada banyak aliran dalam Fan Fiction, salah satunya: Comedy, Romance, Fantasy, Horror, Mystery, Tragedy, Friendship, dll. Biasanya dalam Fan Fiction memiliki lebih dari satu genre, hal itu akan menjadikan cerita kalian unik berbeda dari yang lain. Untuk mengetahui jenis-jenis Genre apa saja yang ada di Fan Fiction, tunggu di postingan selanutnya.
Cast / Tokoh
Inilah bagian paling penting dari Fan Fiction, disamping keterampilan menulis si penulis. Kenapa? Karena inti dari Fan Fiction adalah Idola. Readers lebih mengutamakan, bahkan mencari cerita-cerita yang berhubungan dengan idolanya. Maka dari itu gunakanlah tokoh-tokoh yang sudah terkenal atau dikenal banyak orang agar menjadi daya tarik tersendiri. Tapi jika kalian mau bereksperimen untuk menggunakan tokoh yang kalian inginkan sangat tidak dilarang. Hal itu sah-sah saja selama kalian memiliki karakter yang kuat dan mampu membuat cerita yang unik.
Dalam penokohan sendiri terdapat dua jenis tokoh (cast), yaitu tokoh utama dan tokoh sampingan yang biasanya hanya muncul sesekali.
Rating / Batasan Umur
Pada Fan Fiction tertentu, rating sagat dibutuhkan. Karena biasanya ada Fan Fiction yang ceritanya tidak cocok untuk dibaca readers dibawah umur. Untuk memberikan kenyamanan, lebih baik cantumkan rating pada Fan Fiction kalian. Ada beberapa jenis rating, penjelasannya akan dijelaskan dalam postingan selanjutnya.
Length / Panjang Cerita
Hal ini juga penting. Biasanya dalam Fan Fiction memiliki panjang cerita yang bervariasi. Ada yang tidak lebih dari 300 kata, ada yang mempunyai beberapa chapter atau episode dan masih banyak lagi. Readers juga biasanya memperhitungkan length  jika ingin membaca sebuah Fan Fiction. Ada beberapa jenis dan istilah length, hal tersebut akan dijelaska di postingan selanjutnya.
Disclaimer
Ini adalah penjelasan tentang hak cipta penulisan. Biasanya menjelaskan tentang tokoh yang bukan karakter orisinil buatan kalian, ataupun jalan cerita yang orisinil milik kalian.

Nah gimana sudah mulai mengerti tentang Fan Fiction kan? Ini baru permulaan loh, selanjutnya akan gua jelaskan lebih mendalam tentang Fan Fiction. Stay with me in radenirinne.blogspot.com chiaaoooooooo!

0 komentar:

Posting Komentar