Januari 04, 2014

Being Old

BY R. IRINNE DEVITA ARIANY IN , , 2 comments

"Muda atau tua tidak bergantung pada tanggal dalam suatu masa, tetapi keadaan jiwa. Tugas kita bukan menambah usia pada kehidupan, tetapi menambah kehidupan pada usia…" - Myron J. Taylor

Tepat 24 jam setelah ini gua genap berusia Dua Puluh Tahun. Tidak banyak yang gua senangi ataupun sesali dengan bertambahnya umur gua ini. Hanya sepenggal harapan yang bisa gua panjatkan untuk menyokong kehidupan gua di masa yang akan datang.

Menjadi tua bukanlah sebuah petaka ataupun sebuah anugerah. Usia hanyalah sebuah angka, bukanlah yang menentukan siapa sukses dan siapa produktif. Namun terkadang orang takut menjadi tua. Takut kenapa? Entahlah, coba tanyakan pada diri masing-masing.

Sejujurnya gua pun takut menjadi tua. Takut menghadapi cobaan hidup yang lebih berat. Takut juga pada kenyataan bahwa 'jatah' hidup gua semakin berkurang. Tapi apa gunanya masa muda kalau itu semua ditakutkan? Saat-saat muda adalah saat yang paling tepat untuk mempersiapkan itu semua, bukan hanya sekedar main-main, sehingga ketika umur kita semakin bertambah, kita sudah bisa menyikapinya dengan bijaksana.

Menjadi tua tidaklah se-menakutkan kelihatannya. Toh kita masih bisa menonton kartun, menikmati hidup dan bermain-main. Tapi tanggung jawab terhadap hidup akan menjadi lebih besar. Dan semua itu memang sudah kodrat manusia bukan?

"Tidak ada orang bijaksana berangan-angan menjadi muda kembali." - Jonathan Swift 
"Do not regret getting older. It is a privilege denied to many."

2 komentar: