Oktober 07, 2013

Hari Tani-24 September 2013 (late post)

BY R. IRINNE DEVITA ARIANY IN , , , , No comments

Jakarta (24/13), Hari Tani Nasional. Setelah menyibak sejarah Hari Tani Nasional di post gua yang sebelumnya, sekarang gua mau share tentang peliputan aksi Hari Tani dari Mahasiswa Institut Pertanian Bogor di depan Istana Negara, Jakarta.
Sekitar 200 orang mahasiswa IPB dengan mengenakan caping berbondong-bondong mendatangi halaman depan Istana Negara, Jakarta. Aksi yang hanya dilakukan 'solo' oleh mahasiswa IPB itu memulai aksi mereka dengan long march dari stasiun kereta api Sudirman sampai ke depan Istana Negara. Aksi yang berisi orasi, teaterikal, akustik dan penyampaian sikap itu berakhir pada jam 5 sore waktu setempat.
Nah itulah sekilas tentang aksi tanggal 24 September kemarin. Kok jadi kaya liputan ya-_-v ini beberapa foto yang gua ambil saat aksi waktu itu:)

 

















Segitu dulu deh postingan kali ini, cuma buat sekedar share ajaaa hehehe. See yaaaaaaaaaaaaaaaa~

SELAMAT HARI TANI #24SEPT2013 (late post)

BY R. IRINNE DEVITA ARIANY IN , , No comments

Haloooo~ pada tau gak nih tanggal 24 September yang lalu itu adalah peringatan HARI TANI NASIONAL. yap, pada hari itu biasanya banyak aksi dari kalangan Petani ataupun mahasiswa yang turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi mereka.
Mungkin salah satu di antara kalia juga pernah ikut aksi itu. Tapi apa kalian tahu sejarah Hari Tani itu sendiri? yuk sedikit kita tengok masa lalu proses di sah-kannya Hari Tani Nasional:)

Seperti yang kalian tahu, Indonesia adalah negara agraris yang sebagian besar rakyatnya bekerja sebagai petani. Hal itu sejalan dengan pidato dari Presiden Soekarno pada peresmian gedung Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor tahun 1953 yang berjudul "Antara Hidup dan Mati". Beliau mengatakan, "Hidup matinya bangsa kita ada pada sektor pertanian!" Dapat dipastikan kan kalau peran petani itu sangat penting bagi kehidupan bangsa kita ini.
Setelah itu pada tanggal 24 September tahun 1960 dibuatlah Undang Undang Pokok Agraria (UUPA). UUPA inilah yang diharapkan menjadi awal perubahan pertanian Indonesia dengan mengangkat harga diri, jiwa dan raga petani Indonesia. Nah inilah awal dari peringatan Hari Tani Nasional:)

Hmm gimana udah dapet sedikit gambaran kan tentang sejarah Hari Tani Nasional. Kalau sudah tahu makna lebih dalamnya, jangan cuma ikut-ikutan aksi dong! Yuk kita bantu petani-petani kita dengan aksi yang nyata:) Jangan biarkan petani kita berjuang SEORANG DIRI!